Mikrobot Sepanjang 6 inci Berjalan di Atas Permukaan Air Tanpa Tenggelam


Loading ... Loading ...

Sebuah mikrobot yang bisa berjalan di atas permukaan air telah berhasil diciptakan. Para ilmuan mengatakan insprirasi untuk membuat mikrobot ini berasal dari serangga yang dapat berjalan di atas permukaan air, seperti nyamuk atau laba-laba air.

Mikrobot ini memiliki panjang 6 inci dan terdapat 10 penolak air serta dua kawat yang bertindak sebagai kaki untuk menggerakkan mikrobot ini di atas permukaan air. Robot ini dapat berjalan, berdiri, bahkan melompat di atas permukaan air tanpa tenggelam.
Mikrobot dengan berat 3,88 gram tersebut mampu berjalan di atas permukaan air dengan kecepatan 6 inci per detik tanpa tenggelam. Ini adalah robot pertama yang bentuknya menyerupai serangga.
Namun para mengakui bahwa kecepatan gerak mikrobot serangga ini masih terlalu pelan. Mereka masih bekerja untuk dapat meningkatkan kecepatan gerak mikrobot ini. Jika robot ini sudah memiliki kecepatan gerak, yang bagus, dan tentu saja dapat dibuat dengan harga murah, para peneliti berharap dapat menggunakannya untuk mengatasi masalah polusi air.
sumber   http://www.beritateknologi.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.