MACAM-MACAM TEKNOLOGI WAN



1.       ADA BEBERAPA TEKNOLOGI WAN, ANTARA LAIN MODEM, ISDN, DSL, FRAME RELAY, T1, E1, T3, E3 DAN SONET! JELASKAN.

  •      Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
-          Integrated Services Digital Network (ISDN) adalah jaringan circuit-switching yang digunakan untuk transfer suara, data, dan video melalui saluran telepon tembaga biasa. ISDN adalah sedikit mirip dengan sistem telepon biasa tapi lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan membutuhkan sedikit waktu untuk setup panggilan. Digital ISDN telepon digital faks biasanya disediakan oleh telco. Modem ISDN dapat digunakan untuk mengkonversi sinyal non-ISDN peralatan untuk sinyal ISDN. Modem ISDN dapat eksternal atau internal dan biasanya terhubung ke stopkontak dengan menggunakan kabel UTP dengan konektor 8-pin RJ-45 di sisi modem, dan 6-pin RJ-11 konektor jack di sisi dinding. Beberapa modem ISDN menggunakan atau mengizinkan selain koneksi RJ-45 untuk RJ45 atau RJ-11 ke RJ-11. Modem ISDN juga dapat diintegrasikan dalam sebuah router untuk menyediakan koneksi WAN atau Internet bersama untuk beberapa pengguna dalam jaringan.
  • -          DSL (dari bahasa Inggris: Digital Subscriber Line) adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut. Kecepatan upload lebih rendah dari download untuk ADSL dan sama cepat untuk SDSL.
  • -          Relai bingkai (Frame Relay) adalah protokol packet-switching yang menghubungkan perangkat-perangkat telekomunikasi pada satu Wide Area Network (WAN).[1] Protokol ini bekerja pada lapisan Fisik dan Data Link pada model referensi OSI.[2] Protokol Frame Relay menggunakan struktur Frame yang menyerupai LAPD, perbedaannya adalah Frame Header pada LAPD digantikan oleh field header sebesar 2 bita pada Frame Relay.
  •   T1 adalah leased line digital terdiri dari 24 saluran (disebut DS0, 1 DS0 adalah 64K) yang memberikan kecepatan transfer hingga 1,544 Mbps, dan sering digunakan untuk menghubungkan jaringan perusahaan dan ISP ke Internet.
  • -          E1 terdiri dari 30 saluran yang menyediakan kecepatan hingga 2,048 Mbps. Versi Jepang terdiri dari 24 saluran seperti T1.
  • -          T3 adalah leased line lebih cepat digital menyediakan tingkat sampai 44,736 Mbps (672 saluran), dan digunakan untuk kecepatan tinggi backbone Internet dan organisasi besar.
  • -          E3 versi Eropa memberikan kecepatan hingga 34,368 Mbit / s (512 saluran) Versi Jepang J3 memberikan kecepatan sampai dengan 34,064 Mbps (480 saluran).
  • -          Sonet (Synchronous Optical Network) merupakan sebuah hirarki standar kecepatan data digital untuk transmisi optik antarmuka yang diusulkan oleh Bellcore. Tarif data dalam jaringan serat optik dibagi dalam OC-tingkat. Tabel berikut mencantumkan kecepatan untuk semua tingkatan OC:

OC-1 = 51,85 Mbps
OC-3 = 155,52 Mbps
OC-9 = 466,56 Mbps
OC-12 = 622,08 Mbps
OC-18 = 933,12 Mbps
OC-24 = 1,244 Gbps
OC-36 = 1,866 Gbps
OC-48 = 2,488 Gbps
OC-192 = 9,952 Gbps
OC-768 = 40 Gbps
OC-3072 = 160 Gbps

Jelas, Anda hanya perlu mengingat kecepatan OC-1, misalnya: OC-192 hanya 192 kali kecepatan OC-1.

                 http://id.wikipedia.org




3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.