Tombol Share Blogger Tidak Muncul


Sejak template blog ini selesai dikerjakan, Alhamdulillah menurut
menurut standar saya sudah cukup (karena
waktu yang disita untuk mengerjakannya juga sudah cukup lama).



 Meskipun sebenarnya masih banyak kekurangan, tapi saya sudah merasa kelelahan dan memutuskan untuk tidak melanjutkannya. Beberapa hari yang lalu, ada satu hal yang membuat saya harus kembali mengutak atik template blog ini (meskipun sudah diputuskan untuk berhenti), apa itu? Tombol share blogger tidak muncul alias tidak ada meskipun sudah dimunculkan halaman “elemen laman”. (lihat gambar)

Meskipun saya telah mencentang “tampilkan tombol berbagi” (lihat dalam kotak merah pada gambar di atas), tetap saja tombol share tidak muncul dalam postingan. Akhirnya, saya kembali memperhatikan kode template saya yang membosankan itu, wah rupanya saya lupa memasukkan kode atau script untuk memunculkan “share buttons” blogger.
Mungkin kasus saya ini juga dialami oleh sobat blogger yang menggunakan template "dari luar" atau di download alias bukan template langsung dari blogger. Sepengetahuan saya, template bawaan blogger secara default sudah menggunakan "share buttons" ini.
Bagaimana mengatasi tombol share blogger yang tidak muncul ini?
Kita hanya membutuhkan kode ini:
<b:include data='post' name='shareButtons'/>
1.    Masukklah pada akun blogger sobat
2.    Setelah itu masuk pada halaman EDIT HTML (tips, download terlebih dahulu template sobat untuk membackup atau mengantisipaso kesalahan)
3.    Centang pada kotak  “Expand Template Widget”
4.    Silahkan cari kode berikut (gunakan CTRL + F atau F3 pada keyboard untuk mencari):
<p class='post-footer-line post-footer-line-1'>
5.    Pastekan kode berikut tepat di bawah kode nomor 4 di atas
<b:include data='post' name='shareButtons'/>
6.    Jika kode nomor 4 tidak ketemu, silahkan cari kode:
<p><data:post.body/></p>
Kemudian letakkan kode nomor 5 tepat di bawahnya
7. Langkah terakhir simpan template sobat

Catatan:
Pada kode-kode di atas, kode atau script yang saya tandai dengan warna merah adalah yang penting untuk dicari. Mengapa? Karena tidak semua template memiliki susunan kode yang sama, mungkin karena penggunaan spasi atau enter atau hal lain.
Sebelum melakukan trik di atas, sebaiknya masuk pada edit halaman posting (seperti gambar di atas) kemudian centang pada kotak "tampilkan tombol berbagi".
Jika sobat mengalami masalah selama menggunakan trik dari saya, silahkan berkomentar atau melakukan "pengaduan" (kayaq kantor polisi, hahaha) karena semua trik yang saya posting pernah kupraktekkan di blog ini dan beberapa template dengan 'karakter' yang berbeda.
Semoga Bermanfaat !!!

11 komentar:

  1. salam,
    udah aq coba kang tpi belum nongol juga neh, soalnya di edit html blog-ku jg ga ada kode yang ditulis di atas tuh, entah kenapa kode share button jg gak ada, yg ada cuma gni:


    tolong bantuannya. perlu dimaklumi, aq pengin tombol share HANYA muncul di tampilan post h3, gmn neh. mau pasang tombol share add this bisa, cuma jg muncul di tampilan post di beranda (double). lebih jelasnya, monggo cek blog aq :D

    trims bgt sebelumnya

    BalasHapus
  2. kalo ga ketemu p class='post-footer-line post-footer-line-1' nya coba cari div class='post-footer-line post-footer-line-1' , di beberapa template, termasuk template saya di jemick.blogspot.com, menggunakan tag "div"

    BalasHapus
  3. nitip URL gan www.andika-edogawa.blogspot.com

    BalasHapus
  4. terimakasih sudah membantu kebingungan saya.

    BalasHapus
  5. kode nya gak ada semua udah q cari pake f3. gimana donk. bingunk saya :(

    BalasHapus
  6. siip.. makasih min... ane berhasil nih :)))

    BalasHapus
  7. makasih,, infonya sangat membantu.

    BalasHapus
  8. makasih gan, gue jadi terbantu banget, sekali lagi makasih ya :)

    BalasHapus
  9. ketemu kode 6, kumasukkan kode 5 dibawahnya dan.............. teteup nggak muncul :(Duh duh duh.

    BalasHapus
  10. Makasih atas artikelnya, sangat membantu terutama kaya saya yang masih banyak belajar..
    jangan lupa berkunjung juga di blog saya ya
    https://zonaeditor.blogspot.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.